Penting! Ini Pertolongan Pertama Untuk Serangan Jantung

Penting! Ini Pertolongan Pertama Untuk Serangan Jantung, Ketika Ada Yang Terkena Serangan Jantung Maka Ini Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menolongnya.

Ini Pertolongan Pertama Untuk Serangan Jantung

Serangan jantung, atau infark miokardial (bahasa Inggris: Myocardial infarction, acute myocardial infarction, MI, AMI) adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Penyebab terbanyak serangan jantung diakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Gejala yang sering terjadi biasanya adanya rasa sakit atau nyeri pada bagian dada selama 15 menit. Bersamaan dengan itu terjadi rasa mual, pucat, berkeringat, dan kesulitan benapas.

Seperti dikutip dari situs Mayo Clinic, Selasa (11/4/2017), kematian karena serangan jantung koroner merupakan satu dari lima kematian yang sering terjadi di Inggris setiap tahun. Sebanyak 50 persen kematian terjadi dalam jangka waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung.

Oleh karena itu, mengenal gejala sejak awal dan mengetahui pertolongan pertama saat terjadi serangan jantung amat diperlukan. Berikut ini merupakan pertolongan pertama saat terjadi serangan jantung.

  • Lakukan panggilan normor darurat dengan segera
    Hal ini dapat membantu orang yang terkena serangan jantung dapat dengan segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis.
  • Telan tablet aspirin
    Serangan jantung terjadi karena timbunan kolesterol yang menyempitkan aliran darah pada ateri koroner. Kemudian, platelet sel darah kecil dapat memicu terjadinya pembekuan darah atau penggumpalan darah.
    Peran aspirin di sini adalah menghambat kinerja platelet yang bertugas membekukan dan menggumpalkan darah.
  • Lakukan CPR
    CPR (cardiopulmonary resuscitation) dilakukan jika orang yang terkena serangan jantung tidak sadarkan diri. CPR dengan menggunakan tangan dapat dilakukan dengan menekan bagian dada selama 100 kali dalam semenit.
    CPR dari mulut ke mulut tidak dianjurkan jika Anda belum terlatih.

Selain langkah-langkah tersebut di atas, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika memberi pertolongan pertama pada serangan jantung, yang akan kita bahas di lain kesempatan, terimakasih.

Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s